Selasa, 02 April 2013

Cara Mudah Memformat Harddisk PC/Laptop

Cara Mudah Memformat Harddisk PC/Laptop

Setelah kemarin saya share bagaimana cara format flashdisk, kali ini saya ingin berbagi lagi tentang bagaimana cara memformat harddisk. Sebenarnya tujuannya adalah sama, yakni menghapus semua data maupun file yang ada di dalamnya. Beberapa orang ingin menghilangkan virus, atau juga beberapa orang lainnya ingin menambah space atau kosong lagi sehingga dapat menampung penyimpanan data yang lebih banyak.
Sebelum sobat memformat Harddisk, sebaiknya sobat melakukan backup pada data penting yang ada dalam PC/laptop. Karena jika sobat melakukan format harddisk maka semua data yang pernah sobat simpan akan hilang. Sobat dapat melakukan backup data ke dalam Harddisk eksternal ataupun CD/DVD kemudian mengembalikan data tersebut begitu proses format telah selesai dan harddisk dalam keadaan kosong.
Langkah pertama untuk format harddisk yakni dengan membuka Window Explore. Kemudian pilih drive yang hendak dihapus atau diformat. Di sini saya mencontohkan drive E: yang bernama HARD DISK. Untuk lebih jelasnya silahkan melihat gambar di bawah ini.
Cara Memformat Hardisk
Setelah sobat memilih drive yang akan diformat, klik kanan pada drive tersebut, kemudian pilih Format sehingga muncul windows seperti gambar berikut:
Cara Memformat Hardisk
Ketikkan nama baru pada Volume Label jika sobat menginginkan nama baru pada Hard Disk. Disini saya mencontohkan dengan memberi nama NAMA BARU. Kemudian centang pada Quick Format, lalu klik Start.
Cara Memformat Hardisk
Tak lama kemudian akan muncul konfirmasi untuk melakukan format harddisk. Klik saja OK untuk melanjutkan pemformatan harddisk. Tunggu hingga proses pemformatan selesai, dan akan muncul tulisan Format Complete.
Cara Memformat Hardisk
Tulisan tersebut menandakan bahwa proses pemformatan pada harddisk telah selesai. Kini sobat dapat mengecek pada harddisk, apakah sudah terformat atau belum.
Cara Memformat Hardisk
Jika tampilan Harddisk sobat seperti gambar di atas, berarti sobat telah berhasil memformat harddisk Semua data yang akan diformat akan hilang dan drive harddisk akan terlihat seperti baru.
sumber: http://jembelisme.com/cara-memformat-harddisk.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar